Public Relation Wajib Tahu! Inilah 3 Tujuan Penting Pemanfaatan Media Sosial - HEMA-ID | Jasa Digital Marketing di Bali | Bali Creative Digital Agency

Sabtu, 10 September 2022

Public Relation Wajib Tahu! Inilah 3 Tujuan Penting Pemanfaatan Media Sosial

Dewasa ini, pemanfaatan media sosial membuat kita bersosialisasi lebih cepat, efektif, dan luas tanpa batas waktu. Kita sebagai seorang Public Relation (PR) yang merupakan wajah dari suatu perusahaan, tentu saja bisa memanfaatkannya untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasar.


jasa social media management bali

Adapun 3 tujuan penting yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan media sosial, antara lain:


1. Meningkatkan brand awareness 

Perusahaan yang diingat, ialah perusahaan yang aktif. Inilah peran utama dari seorang PR untuk bisa mengungkapkan eksistensi perusahaan di mana pasar menghabiskan waktunya. Pembuatan akun media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, bahkan YouTube, penting untuk dilakukan. Dengan begitu, kita dapat menerima masukan, melayani kebutuhan mereka, hingga menjadi wadah mereka menambah wawasan. Selain itu, ini akan menunjukkan bahwa perusahaan memang profesional.


2. Positioning pasar yang lebih tepat sasaran

Agar pemahaman terkait kebutuhan pasar menjadi lebih efektif, kita perlu melakukan pemetaan pasar yang sesuai dengan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pasar memang membutuhkan perusahaan kita untuk menyelesaikan permasalahannya. Dengan media sosial, kita dapat melakukan hal itu dengan mudah dan menganalisis berdasarkan demografi, lokasi, perilaku, membuatnya terhubung, hingga memicu interaksi satu sama lain. Hal ini akan menjadikan kita lebih mudah dalam menyerap maupun menyebarkan informasi yang tepat sasaran dan tentu saja dapat meminimalisir costs perusahaan.


Media Sosial bagi Public Relation

3. Menjaga citra melalui konten yang berkualitas

Setiap perusahaan membutuhkan seorang PR untuk menjaga maupun meningkatkan citra dan mutunya agar dapat terjamin. Maka, tidak heran kita dituntut untuk lebih inovatif, kreatif, dan sigap dalam menuangkan ide-ide untuk menciptakan konten yang memiliki nilai dan meningkatkan kepercayaan pasar


jasa digital marketing di bali

Dilansir dari Grin.co, terdapat 13 tips efektif yang bisa dilakukan, namun intinya adalah kita dapat menggambarkan perusahaan secara positif (sesuai fakta), bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk influencer, terlibat dalam kegiatan sosial, fokus pada solusi dan meminimalisir promosi,  serta menyajikan tips yang pasar butuhkan. Selain itu, kita perlu paham bahwa sebenarnya pasar ingin terlibat terhadap kemajuan perusahaan. Jadi, berinteraksilah dengan mereka dan kita akan menyentuh hatinya.


Kita tentu paham, pemanfaatan media sosial hanya salah satu dari sekian tugas kita sebagai seorang PR. Hal ini tidaklah mudah, tenaga, waktu, dan biaya yang terkuras, bisa saja membuat kinerja kita kurang maksimal. Jika memang demikian, HEMA-ID bisa membantu dalam pengelolaan media sosial dan pembuatan desain grafis jika dibutuhkan. Karena citra perusahaan yang bagus, dilihat dari seberapa baik seorang PR mengimplementasikan tugasnya. 


Info & Pemesanan

Kontak Kami

Jadilah lebih dekat dengan kami, kami menerima sesi tanya-jawab untuk saran, feedback, dan pemesanan. Hubungi kami dari detail di bawah ini:

Alamat:

Jalan Mekar 2 Blok B3A No. 42, Pemogan, Denpasar, Bali (80221).

Jam Kerja:

Senin-Jumat: 09:00 - 17:00

Telepon atau WhatsApp:

(+62) 821 465 816 55