Pengertian Domain dan Hosting | Pembuatan Website Murah di Bali - HEMA-ID | Jasa Digital Marketing di Bali | Bali Creative Digital Agency

Kamis, 14 November 2019

Pengertian Domain dan Hosting | Pembuatan Website Murah di Bali

Sebagai penyedia jasa pembuatan website di bali, kami akan menjelaskan bahwa untuk membuat sebuah website terdapat dua buah komponen penting yang harus Anda miliki yaitu Domain dan Hosting. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang seringkali tidak bisa membedakan antara apa itu domain dan apa itu hosting.

Secara singkat, nama domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain inilah yang akan digunakan oleh orang-orang untuk dapat mengunjungi website Anda, misalnya Facebook.com, Google.com, Wikipedia.org, BelajarBisnisInternet.com.

jasa-website-murah-bali

Sebenarnya domain ini adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 (pada saat artikel ini dibuat) adalah alamat dari server komputer Facebook.com. Jadi fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses dan mengingat alamat website Anda. Selain itu, apabila sewaktu-waktu Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu (misalnya pindah server komputer), maka Anda tidak perlu susah-susah memberitahu ke pengunjung alamat IP baru Anda, karena yang mereka perlukan hanyalah sebuah nama domain untuk bisa akses ke website Anda.

Sedangkan, Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data dari sebuah website agar dapat diakses melalui internet, data-data tersebut dapat berupa file, gambar, video, email, database, program, dll. Hosting untuk keperluan website sering juga disebut sebagai Web Hosting.

Lalu, apa hubungan keduanya? Memiliki/membeli sebuah nama domain ibarat Anda membeli sebuah papan nama toko. Di mana sebuah papan nama toko dapat Anda beli pada orang atau perusahaan yang menerima jasa pembuatan papan nama billboard, neon box, dll. Perusahaan pembuat papan nama ini ibarat dari registrar/tempat beli domain.

Lantas dengan hanya memiliki sebuah papan nama toko, apakah toko Anda sudah bisa langsung beroperasi? Tentu saja tidak, karena Anda masih perlu sebuah tempat untuk menyimpan dan memamerkan barang-barang yang Anda jual. Anda perlu sebuah tempat agar orang-orang bisa datang berkunjung untuk melihat-lihat dan membeli barang yang Anda jual. Sehingga kemudian Anda memutuskan untuk menyewa sebuah kios yang ada di salah satu Mall. Anda mendekorasi kios Anda sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan berbeda dengan kios-kios lain yang ada di Mall tersebut. Anda juga memasang papan nama toko yang sudah Anda beli sebelumnya di bagian depan kios Anda. Nah, kios inilah ibarat dari website Anda. Sedangkan proses Anda memasang papan nama toko ibarat dari transfer DNS.

pembuatan-website-murah-di-bali

Sedangkan Manajemen Mall yang menyewakan kios-kios lengkap dengan berbagai infrastuktur yang diperlukan adalah ibarat dari perusahaan Web Hosting. Kios yang Anda sewa tentu memiliki fasilitas seperti ukuran tertentu (misal 3×3 meter), daya listrik, jaringan telepon, jaringan internet, AC, lampu penerangan, dll. Fasilitas kios ini ibarat dari fitur-fitur Hosting. Sedangkan gedung Mall yang dikelola oleh Manajemen Mall ibarat dari Komputer Server website Anda.

Jadi setelah Anda memiliki sebuah domain, langkah selanjutnya adalah meletakkan domain tersebut pada sebuah hosting, kemudian Anda bisa mulai membangun website Anda. Jangan lupa untuk memesan jasa pembuatan website murah hanya di HEMA-ID.

Untuk informasi dan pemesanan, silakan hubungi bagian kontak dibawah. Dapatkan promo-promo menarik spesial HEMA-ID. Untuk hasil-hasil project kami dan juga karya kami silakan follow dan kunjungi Official Fanpage Instagram kami di @official.hemaid.

Info & Pemesanan

Kontak Kami

Jadilah lebih dekat dengan kami, kami menerima sesi tanya-jawab untuk saran, feedback, dan pemesanan. Hubungi kami dari detail di bawah ini:

Alamat:

Jalan Mekar 2 Blok B3A No. 42, Pemogan, Denpasar, Bali (80221).

Jam Kerja:

Senin-Jumat: 09:00 - 17:00

Telepon atau WhatsApp:

(+62) 821 465 816 55